BNI sebagai Indentitas Bangsa
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhj2xk5OuHRONMoAzZTxlD14CIey7UZFrFvxgIY9aeMsOyKZm2yypUwYJH5wyWceCWLOhm1TViqt-gCoQVF9HgX4Hub1e2XTGIrNCYqbt-yIK1peAi_B8zBoK0Jq0kgScTOIhE83YMPRl8/s320/69+Tahun+BNI+Berprestasi+dan+Berbagi+Untuk+Negeri.jpg)
BNI bila dilihat dari umurnya sudah memasuki 69 tahun pada 5 Juli 2015 yang
lalu. Kalo berandai – andai, BNI apabila
sebagai manusia, BNI adalah sosok yang bijaksana dan disegani karena umurnya.
Apabila manusia, umur 69 tahun mungkin membuat ruang gerak menjadi terbatas,
sudah tidak gesit lagi, sudah sakit – sakitan dan mulai diabaikan. Tetapi tidak
begitu halnya dengan BNI, diusia yang ke 69 tahun, BNI bagaikan sosok yang
semakin muda, linca
h dan gesit. Baik dari pelayanannya, fitur – fitur nya dan prestasinya semakin lama semakin harum.
BNI bagaikan mendampingi kemerdekaan
negara Indonesia. Setelah setahun Indonesia merdeka, BNI pun berdiri. Masih
tertatih – tatih ibarat bayi yang belajar bagaimana berjalan namun tetap setia
melayani Bangsa. Saya tidak dapat membayangkan diantara desing peluru namun
karyawan – karyawan BNI tempoe doeloe tetap menjalankan aktivitas BNI. Bagi
saya mereka itu juga adalah para Pahlawan. Tanpa mereka tidak akan mungkin kami
di jaman Kemerdekaan ini bisa merasakan kemudahan menabung dan fasilitas BNI
lainnya.
Seiring dengan waktu, eksistensi BNI mulai meraih PRESTASI demi PRESTASI.
Sejalan dengan Visi BNI, menjadi Bank yang UNGUL, TERKEMUKA dan TERDEPAN dalam
layanan dan kinerja. VISI tersebut bukanlah sekedar slogan. Namun benar – benar
dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang menabung di BNI.
Salah satu contoh adalah dalam eksistensinya melayani seluruh lapisan
masyarakat dari desa sampai ke kota, dari Sabang sampai Merauke, dari recehan
sampai Trilyunan Rupiah dari Bank Terapung, Bank Keliling, Bank Bocah sampai
Bank Sarinah. BNI menginspirasi jutaan masyarakat pedesaan untuk belajar
menabung.
BNI Berprestasi Untuk Negeri
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgczxsBTph5Y1pdNENbSgFHCQWH4-n0wWkSwhi5NQEPBQMXogjt9Vln0L2A3jcVxUrdTxjsqv6cUZV2vi19KHPWatZCJqhK4LrPpMN-6DGpVRxVplSu-Ydy2qjf5FaFisJhhQm3ahdNVsI/s320/prestasi.jpeg)
BNI menempati peringkat Kedua sebagai the best e-Channel. Marketing
Research Indonesia (MRI), selaku pelaksana BSEM 2015, menetapkan BNI di peringkat terbaik pada layanan
Customer Service, Kenyamanan Ruangan, Peralatan Banking Hall, Toilet dan
layanan ATM. Kedua, BNI berhasil menorehkan sejarah sebagai bank yang memiliki inovasi dan Jaringan ATM di
Luar Negeri terbanyak dibandingkam bank-bank asal Indonesia lainnya. BNI
terus memberikan beragam layanan Innovative Channel sejak tahun 2013, antara
lain ATM Sepeda Motor, kontainer outlet, ATM untuk penyandang disabilitas, dan
BNI Layanan Gerak 4WD. BNI membuat terobosan memperluas jaringan juga dengan
membuka 6 ATM di luar negeri yaitu 4 di Hong Kong dan 2 di Singapura. Ketiga,
BNI merupakan Bank Persepsi Terbaik sejak 2009. BNI terus memperkuat layanannya
dan makin dipercaya nasabah. Konsistensi untuk memberikan layanan terbaik itu
lantas membawa BNI meraih penghargaan
sebagai bank persepsi dengan layanan penerimaan negara terbaik 2014 dari
Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
Daftar Panjang Prestasi BNI di
tahun 2014
1.
Meraih
2 medali emas untuk katagori Best Analys
Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak
untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best
Help Desk dalam ajang Contact Center
World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada
tanggal 10-15 November 2014.
2.
The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan
aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo
Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014.
3.
Peringkat Atas Annual Report Award
(ARA) 2014 bagi BNI
sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober
2014.
4.
The
Best Local Cash Management Bank in Indonesia,
The Best Overall Domestic Cash
Management Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border
Management Service dari Majalah
Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014).
5.
Gold
Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia Best
Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September
2014).
6.
The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
7.
Most
Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014).
8.
Emiten
Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Bisnis Indonesia Award 2014, Jakarta,
24 Juni 2014.
9.
Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia
Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni
2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional HR,
Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
10. Peringkat
Kedua terbaik pada penghargaan Banking
Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang
diberikan oleh Marketing Research
Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014.
11. The Best Trade Finance Bank in Indonesia
& The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014,
Kuala Lumpur, 21 Mei 2014.
12. The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014.
13. Memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau
ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei
2014. BNI menjadi bank pertama yang
mendapatkan akreditasi tersebut.
14. Best Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank
Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014.
15. Indonesia Best Overall Corporate
Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best
for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable
Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of
Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014.
16. Gatot
M. Suwondo CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession
Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014.
17. The Best Remittances Provider of the Year
in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management
Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia Magazine, di
Kualalumpur, 23 Januari 2014.
BNI Berbagi untuk Negeri
Slogan BNI adalah ‘Semangat Melayani
Bangsa,adalah perjuangan tanpa akhir, Inilah semangat ‘46’
Melayani bangsa Indonesia
dibuktikan dengan memberikan pelayanan terbaik dan terdepan dibidang Perbankan
dan dibuktikan dengan prestasi demi prestasi yang diperoleh baik dari Dalam
Negeri maupun Luar Negeri.
Melayani Bangsa Indonesia juga
diwujudkan dengan berbagi bersama bangsa Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan
masyarakat Indonesia, untuk itu BNI menggagas dan menjalankan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan
(PKBL).
BNI telah melaksanakan
program-program PKBL yang mengusung tema Bersama Membangun Negeri (BNI Berbagi)
di seluruh Indonesia dengan melibatkan dan berkolaborasi dengan berbagai pihak
eksternal, pegawai BNI dan institusi terkait. Melalui program ini, BNI berusaha untuk
meningkatkan dampak positif dan manfaat keberadaan BNI di tengah masyarakat
Indonesia demi memacu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta
lingkungan yang lebih baik.
Sebagai salah satu bank nasional
terbesar yang mewakili kepentingan berbagai pihak, BNI berperan aktif dalam
pengembangan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat kecil. Tujuannya untuk
menciptakan kemajuan ekonomi dan sosial terutama pada usaha mikro, kecil dan
koperasi dengan harapan kelompok usaha yang bersangkutan mampu berperan menjadi
kekuatan ekonomi yang kuat dan sehat. Peran ini terus dilaksanakan melalui
berbagai program Corporate Community Responsibility (CCR),
salah satunya meneruskan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan berkonsep “Kampoeng BNI”
Kampoeng BNI adalah program pemberdayaan ekonomi masyarakat
melalui penyaluran kredit lunak dengan sistem klaster yang dilakukan di
beberapa daerah. Tujuan pembentukan Kampoeng BNI adalah untuk mengembangkan
potensi ekonomi masyarakat di suatu kawasan pedesaan melalui pinjaman lunak
program kemitraan maupun bantuan bina lingkungan untuk menunjang aktivitas
ekonomi lokal di daerah tersebut. Pada saat ini konsep Kampoeng BNI dibangun
atas prinsip community enterprise, dimana satu klaster memiliki
berbagai macam produk yang menjadi keunggulan atau ciri khas daerah tersebut.
Program Kampoeng BNI tidak
sekadar menyalurkan pembiayaan usaha, tapi juga memberikan capacity building atau pelatihan
peningkatan kapasitas seperti pelatihan tenun sesuai dengan keinginan pasar
internasional, pelatihan pembukuan sederhana, pelatihan pemasaran efektif dan
pelatihan lainnya yang sesuai dengan
kebutuhan mitra binaan.
Beberapa Kampoeng BNI (KBNI) lain
yang telah dibuka sejak tahun 2007 hingga saat ini, antara lain KBNI Peternakan
Sapi Subang, KBNI Budidaya Jagung Ciamis, KBNI Budidaya Ulat Sutera Bantul,
KBNI Tenun Songket Ogan Ilir, KBNI Nelayan Lamongan, KBNI Jagung Solok, KBNI
Seni Kamasan Klungkung, KBNI Pengolahan Hasil Laut Muara Angke, KBNI Bandeng
Karawang, KBNI Karebosi Makassar, KBNI Pisang Lumajang, KBNI Batik Pekalongan,
KBNI Batik Lasem Rembang, KBNI Kain Sutera Sengkang Wajo, KBNI Mebel Sumedang,
KBNI Kain Sasirangan Banjarmasin, KBNI Pemberdayaan Perempuan Bogor, KBNI Ikan
Nila Ponorogo, KBNI Tenun Ikat Sumba Waingapu, KBNI Tenun Silungkang -
Sawahlunto, KBNI Kain Ulos Samosir - Sumatera Utara, KBNI Kain
Tapis Lampung Selatan, dan KBNI Tenun Pandai Sikek Bukittinggi.
Sampai saat ini telah ratusan
kemitraan BNI yang tergabung dalam ‘Kampoeng BNI’ di masing – masing daerah
yang telah merasakan dampak perbaikan ekonomi dari binaan BNI. Bukan hanya
memberikan pelatihan dan suntikan modal saja, namun BNI juga mendongkrak pamor UMKM untuk Go Internasional. Bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik
Indonesia (KBRI) di Belanda, BNI mengadakan
Pameran Produk Kampoeng BNI pada Agustus 2014 sebagai bagian dari
rangkaian “The Pride of Indonesia Heritage” dalam rangka menyambut Hari Ulang
Tahun Republik Indonesia ke-69.
Sungguh besar jasa dan peran BNI didalam memajukan perekonomian Indonesia.
Semua Rakyat Indonesia, khususnya penulis berharap ditahun yang akan datang BNI
akan semakin menjadi Bank yang memimpin di negara sendiri.
Akhir dari tulisan ini Penulis mengucapkan
Dirgahayu BNI yang ke -69 tahun. Jayalah
selalu BNI, teruslah menuai prestasi dan tetaplah menebar kebaikan bagi Bangsa
Indonesia.
Catatan : Sumber dari www.bni.co.id
0 comments:
Post a Comment